Tuesday, June 14, 2011

IP TRUNKING


IP Trunking adalah penggunaan Volp dalam skala besar, baik oleh perusahan maupun organisasi, untuk menekan biaya komunikasi mereka. Dengan IP trunking, semua lalu-lintas,  baik internet maupun Volp, bermuara pada sutu koneksi. Perusahan tidak lagi membutuhkan banayk saluran telepon beserta layanan turunanya (seperti call waiting,voice mail, forwarding dan lain-lain).
            Pada intinya, IP Trunking dan volp adalah suara pada saluran data. Itu berarti bahwa suara berjalan melalui internet sebagai bit data, bukan “suara” atau gelombang listrik seperti pada telepon tradisional. Selain saluran Internet broadband, kunci keberhasilan IP trunking terletak pada cloud computing . Ini berarti bahwa kekuatan beberapa computer besatu padu membentuk sebuah “supercomputer” virtual. Superkomputer ad hoc inilah yang bertindak sebagai operator telepon tradisional,  Jadi, perusahan penguna IP trunking tidak harus memiliki supercomputer atau bahkan jaringan computer sendiri yang besar.
Perjalanan Data
            Service provider  yang memberikan layanan IP trunking bertindak sebagai sebuah sirkuit yang menhubungkan switch (system anda, system pihak penerima) satu sama lain. Saluran Internet broadband digunakan untuk mendukung beberapa panggilan dalam waktu yang bersamaan. Jaringan Volp yang sama digunakan untuk menghubungkan beberapa pengguna, bahkan yang terpisah, kedalam framework IP trunking. Setiap panggilan telepon akan diarahkan secara digital melalui PC desktop masing-masing karyawan, yang disebut sebagai privacy branch exchange (PBX).
Pertama dalam berbicara di telpon seperti biasa. Program trungking pada computer mendigitalkan suara dan mengemasnya kedalam paket IP. Program ini selanjutnya mengarahkan paket-paket tersebut ke PBX lain, yakni pihak yang akan ajak bicara ditelepon, berdasarkan alamat IP yang unik. Paket-paket tersebut dikirimkan ke internet melalui jaringan service provide IP trunking untuk mencapai tujuannya, Sesampainya dikomputer tujuan, barulah paket-paket data tersebut diubah kembali menjadi suara. Semua ini terjadi secara seketika dalam simultan bersama dan simultan bersama paket dan lainnya (e-mail, foto, video), Hal ini dimungkinkan karena panggilan telepon dalam system IP trunking adalah data yang memakan porsi bandwidth yang kecil.
Keuntungan IP Trunking
            Sama seperti IP convergence efisiensi dan penghematan menjadi kata kunci dari penerapan IP trungking di perusahaan. Sekuruh komunikasi perusahan (baik Internet maupun telepon) dioperasikan oleh satu system. Perusahaan tidak perlu berlangganan banyak salurna telepon dan memisahkannya dengan internet. Terintegrasi layanan telepondan internet dalam satu system menjadaikan proses pengoprasian dan pemeliharaannya menjadi lebih mudah dan murah. Perusahaan tidak lagi membutuhkan banyak SDM untuk mengoprasikan dan memelihara system telepon dan internet yang sebelumnya terpisah. Namun, tentu saja halini bukan tanpa resiko. Gangguan pada saluran internet akan berdampak pada lupuhnya semua saluran komunikasi perusahaan. Perusahaan tidak lagi dapat menerima atau melakukan panggilan telepon, juga melakukan panggilan telepon, juga tidak dapat melakukan komunikasi melalui e-mail, www atau IM. Selain itu, IP trungking masih menyisakan satu masalah beasr yang belum terpecahkan, yakni kurangnya keamanan. Sistem IP trunking saat ini belum seaman telepon tradisional yang menyediakan sambungan fisikal langsung point-to-point. Panggilan telepon melalui system  ini berpotensi direkam atau didengar oleh orang lain, baik dari dalam penyedia layanan IP trungking  atau dari luar. Mirip dengan kejadian di awal-awal ponsel merebak dahulu, seperti mendegar percakapan orang lain diponsel kita.

Recent Post